Pelatihan Poned, Pelatihan PONED 2023, Pelatihan PONED 2024, Pelatihan PONED adalah, Pelatihan Tim Poned

Pelatihan PONED – Pelatihan Poned Adalah – Pelatihan Tim Poned – Pelatihan Poned 2023 – Pelatihan Poned 2024

Pelatihan PONED untuk Menanggulangi AKI

 

PONED adalah pelayanan kegawatdaruratan di bidang obstetri neonatus. PONED dilaksanakan di Puskesmas besar di bawah pengawasan dokter dan dirujuk ke rumah sakit oleh tenaga kesehatan atau fasilitas kesehatan. Puskesmas yang melayani PONED adalah puskesmas induk yang merupakan puskesmas rawat inap yang standby 24 jam sehari. Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar (PONED) adalah pelayanan untuk menanggulangi kasus kegawatdaruratan obstetri dan neonatal. Kegawatan tersebut dapat terjadi pada ibu hamil, bersalin maupun dalam masa nifas dengan komplikasi obstetri yang mengancam ibu maupun janinnya. PONED merupakan upaya pemerintah dalam menanggulangi Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Indonesia yang masih tinggi dibandingkan negara Asean lainnya

Seperti yang kita ketahui bersama, angka kematian ibu dan bayi baru lahir di Indonesia merupakan yang tertinggi di antara negara-negara ASEAN. Situasi ini tentu mengkhawatirkan masyarakat Indonesia. Untuk itu, pemerintah Indonesia berupaya menurunkan angka kematian ibu dan bayi melalui pelayanan kesehatan yang semakin bermutu, termasuk pelatihan PONED. Pelatihan ini dirancang untuk mempersiapkan petugas pelayanan kesehatan agar mampu melakukan pengelolaan kegawatdaruratan dan neonatal esensial dasar tingkat pelayanan kesehatan primer.

Millennium Development Goals (MDGs) sebagai road map (arah pembangunan) kesehatan di Indonesia mempunyai delapan tujuan, dua diantaranya adalah untuk menurunkan AKI dan AKB. Kematian ibu saat ini masih merupakan salah satu masalah. Karena tingginya Angka Kematian Ibu mempunyai dampak yang besar terhadap keluarga dan masyarakat (L. Ratna Budiarso et al, 1996). Angka kematian ibu dan bayi  dapat digunakan sebagai salah satu indikator kesejahteraan masyarakat, salah satunya indikator kesehatan ibu.

Mitra Diklat (Konsultan dan Traning Center) adalah Perusahaan yang bergerak dalam penyelenggaraan kegiatan Pendidikan, Pemberdayaan & Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bergerak di bidang : Workshop, Seminar, Lokakarya, Diklat, In-House, Bimbingan Teknis, Konsultan, BUMN, BUMD, BLU, Rumah Sakit, Perguruan Tinggi, PEMDA, dll.

Lebih lanjut terkait info Pelatihan Poned yang diselenggarakan oleh Mitra Diklat Center silahkan KLIK  DISINI

Foto Kegiatan Praktik Pelatihan Poned Foto Kegiatan Praktik Pelatihan Poned Foto Kegiatan Praktik Pelatihan Poned Foto Kegiatan Praktik Pelatihan Poned

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *