Training PONED
Pelatihan Poned, Pelatihan PONED 2024, Training PONED

Training PONED (Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar)

Training PONED Training PONED

PENDAHULUAN

Training PONED (Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar) – Seperti yang kita ketahui bersama, angka kematian ibu dan bayi baru lahir di Indonesia merupakan yang tertinggi di antara negara-negara ASEAN. Situasi ini tentu mengkhawatirkan masyarakat Indonesia. Untuk itu, pemerintah Indonesia berupaya menurunkan angka kematian ibu dan bayi melalui pelayanan kesehatan yang semakin bermutu, termasuk pelayanan PONED atau pelayanan obstetri neonatus dasar.

PONED merupakan pelayanan kegawatdaruratan di bidang obstetri neonatus. PONED dilaksanakan di Puskesmas besar di bawah pengawasan dokter dan dirujuk ke rumah sakit oleh tenaga kesehatan atau fasilitas kesehatan desa atau masyarakat. Puskesmas yang melayani PONED merupakan puskesmas induk yang merupakan puskesmas rawat inap yang standby 24 jam sehari.

Pelatihan PONED (Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar) ini dirancang untuk mempersiapkan petugas pelayanan kesehatan agar mampu melakukan pengelolaan Kegawatdaruratan Obstetri dan Neonatal Esensial Dasar di tingkat pelayanan kesehatan primer. Proses pelatihan disusun berdasarkan pengalaman sebelumnya dari para peserta, serta memanfaatkan motivasi yang tinggi untuk menyelesaikan kegiatan belajar dalam waktu yang sesingkat mungkin.

TUJUAN TRAINING

Fokus Training PONED adalah mempelajari bagaimana mengerjakan, bukan hanya sekedar mengetahui, dan evaluasi kinerja dilakukan berdasarkan kompetensi yang dicapai.

  1. Melaksanakan Prosedur Standar Pelayanan Kegawatdaruratan Obstetri dan Neonatal pada Tingkat Pelayanan Kesehatan Primer.
  2. Melakukan Pengambilan Keputusan Klinik Secara Tepat dan Cepat pada Kasus dengan Kegawatdaruratan Obstetri dan Neonatal.
  3. Mengenali dan Mengambil Keputusan Klinik secara Benar pada Kasus Kegawatdaruratan Tunggal Maupun yang Terintegrasi.
  4. Mencegah Resiko Reproduksi Melalui Upaya Pencegahan, Promosi Kesehatan dan Mempersiapkan Pelayanan Kegawatdaruratan Obstetri dan Neonatal.
  5. Mempersiapkan dan Melaksanakan Latihan Kegawatdaruratan Obstetri dan Neonatal Secara Berkala dalam Upaya Mempertahankan Keterampilan dan Kewaspadaan Petugas Pelayanan Kesehatan terhadap Situasi dan Kondisi Kegawatdaruratan yang dapat Terjadi Setiap Saat.

MATERI

  1. Manajemen Poned
  2. Kebijakan Program Kesehatan dan Sistim Rujukan Pada Ibu dan Bayi Baru Lahir
  3. Pencegahan Infeksi pada Persalinan dan Bayi Baru Lahir
  4. Tata Laksana Kegawatdaruratan pada Kehamilan, Persalinan dan Nifas
  5. Surveilens Kematian Ibu
  6. Distosia Bahu
  7. Maternal Collapse
  8. Preeklamsia dan Hipertensi Dalam Kehamilan
  9. Perdarahan Pasca Salin
  10. Persalinan Bokong
  11. Strategi Pendekatan Risiko dan Sistem Rujukan
  12. Kegawatan Bayi Baru Lahir/ Neonatus di Beberapa Tingkat Pelayanan Neonatus
  13. Neonatal Resuscitation
  14. Nutrisi Parental pada Neonatus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *